Home Blog

Peta Bogor (Buitenzorg) tahun 1946

Tugu Kujang tempo dulu
Tugu Kujang tempo dulu

Ini adalah peta yang menggambarkan kondisi dan topografi Bogor di tahun 1946 semasa masih bernama Buitenzorg.

Topografische kaart: Buitenzorg 1946

Sejarah Pakuan Pajajaran dalam berbagai versi

Pada masanya, Pakuan menjadi pusat pemerintahan atau ibukota Kerajaan Sunda yang sudah berdiri sejak berabad-abad lamanya di bagian barat pulau Jawa. Pusat pemerintahan ini dulunya berlokasi di dalam wilayah Bogor, Jawa Barat. Berikut adalah sejarah Pakuan Pajajaran dalam berbagai versi.

Nyi Raja Permas dan Dewi Sartika yang namanya diabadikan di Kota Bogor

asal usul jl nyi rja permas

Jalan Nyi Raja Permas adalah nama jalan yang lokasinya tepat di depan Stasiun Bogor, berdampingan dengannya adalah Jalan Dewi Sartika yang mengapit kawasan Taman Ria Ade Irma Suryani atau Taman Topi. Tahukah Kamu? Berdampingannya nama kedua jalan tersebut ternyata ada sejarahnya loh. Inilah kisah mereka … 

Kebun Raya Bogor: Sejarah dan Asal Usul

Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor

Setelah peristiwa perang Napoleon di Eropa, pada tahun 1811 Indonesia yang waktu itu bernama Hindia-Belanda dikuasai oleh Inggris. Namun setelah Napoleon jatuh pada 1815, para pemimpin negara-negara Eropa membuat kesepakatan mengenai pembagian wilayah kekuasaa (koloni).

Pupuh Asmarandana, musik dan lirik

waktuna sunda

Pupuh Asmarandana merupakan puisi atau nyanyian tradisional dari jawa barat (Sunda) yang menggambarkan tentang kehidupan atau pesan-pesan bijak dengan hitungan 81, 8a, 8o/e, 8i/a, 7i/a, 8u, 8a

Video Bogor di awal milenium

Video dokumentasi keceriaan anak-anak Bogor pada tahun 1990-2000an.

Sejarah dan Asal Usul Baranang Siang

Baranangsiang pada tahun1950-an, Foto: IPB
Baranangsiang pada tahun1950-an, Foto: IPB

Baranangsiang merupakan satu wilayah keluarahan yang berada di Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat. Kawasan ini menjadi pintu gerbangnya kota Bogor karena di sinilah terminal bus Baranangsiang berada. 

Misteri Letusan Gunung Salak 1699

Gunung Salak merupakan kawasan gunung berapi yang lokasinya berada di antara Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor. Sejak 2003, kawasan ini ditetapkan sebagai Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Ada beberapa peristiwa menarik terkait keberadaan gunung ini, mulai dari peristiwa Sukhoi hingga berita yang menyebutkan bahwa gunung ini pernah erupsi hebat di tahun 1699. Untuk menambah wawasan, sejarah bogor akan menguak misteri mengenai letusan Gunung Salak tersebut. 

Sejarah dan Asal Usul Bendung Katulampa di Bogor

Bendung Katulampa tempo dulu
Bendung Katulampa tempo dulu

Dalam bahasa Sanskerta, Katulampa memiliki makna “batu hitam” atau “batu yang warnanya hitam”/ Bendung Katulampa yang terletak di Kota Bogor ini sudah dirancang sejak tahun 1908 oleh Ir Van Breen.Adapun pembangunannya sendiri dimulai pada 16 April 1911 dengan menelan biaya pembangunan mencapa 80.000 gulden. Bendung Katulampa mulai beroperasi sejak11 Oktober 1912 yang diresmikan oleh AW Frederick Idenburg selaku Gubernur Jendera Hindia-Belanda saat itu.

Ini Dia Beberapa Aplikasi Sewa yang Ada di Sewatama

sewa genset

Laporan penelitian pasar rental tenaga listrik Indonesia, meliputi tingkat pertumbuhan, perpecahan pengguna akhir, data pasar yang kompetitif, dan perkiraan pendapatan hingga 2022. Penelitian ini dilakukan secara komprehensif terhadap harga bahan bakar berbasis diesel dan gas. Based, output daya, aplikasi, pengguna akhir dan penyedia rental. Selanjutnya, profil perusahaan kunci, pendorong pertumbuhan, masalah, tantangan, rekomendasi strategis dan kutipan dari industri juga disertakan. Sewatama merupakan perusahaan terbaik yang memiliki banyak cabang, salah satunya akan memudahkan Anda untuk melakukan sewa genset Jakarta dengan cara yang jauh lebih mudah.

Block title

Tugu Kujang tempo dulu

Peta Bogor (Buitenzorg) tahun 1946

Ini adalah peta yang menggambarkan kondisi dan topografi Bogor di tahun 1946 semasa masih bernama Buitenzorg. Topografische kaart: Buitenzorg 1946